JENIS-JENIS BAHAN UNTUK MEMBUAT SEPATU

Image result for JENIS-JENIS BAHAN UNTUK MEMBUAT SEPATU

Beberapa jenis bahan yang dipakai dalam menghasilkan sepatu:

Bludru 
Bludru yang pada aslinya ialah kulit suede adalah bahan pembuat sepatu yang sebetulnya pula adalah kulit. Tetapi proses kulit suede, sisi yang difinishing ialah sisi belakang dari kulit bukan sisi permukaan kulit itu. Sisi belakang kulit yang difinishing memberi dampak seperti bulu lembut yang menarik. Sepatu berbahan bludru memiliki beberapa variasi warna. Bahan kulit suede begitu pas dipakai untuk bikin sepatu mode kasual, sepatu safety shoes boot, serta sepatu wanita.

Kulit Asli 
Sepatu berbahan kulit asli adalah sepatu yang berkualitas terunggul atau terbagus. Tidak bingung bila harga sepatu memiliki bahan kulit asli sangat mahal dibanding dengan sepatu dari type bahan yang lainnya. Walapupun harga nya mahal, sepatu yang terbuat dari kulit asli begitu disukai oleh beberapa orang sebab sepatu ini bisa dipakai dalam tempo yang lama (bertahan lama) serta kuat. Tidak hanya dibanding itu, pilihan warna pada sepatu memiliki bahan kulit tidak hanya terbatas pada beberapa warna gelap yang umumnya lebih disukai oleh beberapa lelaki seperti warna coklat atau hitam. Namun, sepatu kulit sekarang bisa di ganti ke arah warna yang yang lebih menarik seperti warna marun, warna putih, warna krem, bahkan juga dalam beberapa warna yang lebih mencolok seperti warna merah, kuning, ungu, oranye, serta pink yang begitu disenangi oleh beberapa wanita. Produsen sepatu biasanya memakai kulit domba dalam pembuatan sepatu memiliki bahan kulit asli. Tetapi ada pula yang membuat memakai kulit dari domba yang mempunyai harga yang tambah mahal. Model-model sepatu yang memakai kulit asli menjadi bahan membuatnya yakni, sepatu boot, sepatu pantofel, dan sebagainya.

Kulit Buk 
Kulit buk adalah type bahan pembuat sepatu yang serupa dengan kulit suede. Ketidaksamaan kulit buk serta kulit suede yakni pada teksturenya. Bila kulit suede memiliki teksture seperti bulu yang lembut, kulit buk memiliki struktur yang cukup kasar. Ketidaksamaan kulit buk serta kulit suede ada juga pada proses akhir penyamakan kulitnya. Mode sepatu yang seringkali dibikin memakai kulit buk yakni mode sepatu-sepatu casual. Tidak hanya pada sepatu mode casual, kulit buk pula seringkali dipakai menjadi bahan gabungan dalam pembuatan sepatu boot. Sepatu yang memakai kulit buk dalam proses membuatnya, memiliki beberapa warna yang bermacam.

Kulit Sintesis 
Adalah type bahan pembuat sepatu yang datang dari kombinasi beberapa bahan kimia yang di proses di pabrik. Kulit sintesis sediri memiliki struktur yang mengkilat. Kulit sintesis adalah type bahan pembuat sepatu yang seringkali dipakai oleh beberapa produsen. Ini dikarenakan oleh murahnya harga kulit sintesis disbanding di harga dari kulit asli. Mode sepatu yang seringkali memakai bahan sintetis ialah seperti sepatu-sepatu resmi, sepatu casual, sepatu boot, dan sepatu berolahraga. Tidak cuma itu saja, sepatu anak-anak pula seringkali memakai kulit sintesis dalam membuatnya.

Canvas 
Adalah bahan sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu sekolah. Tidak hanya dipakai dalam pembuatan sepatu sekolah, canvas pula biasa diketemukan dalam pembuatan sepatu gambar sebab type bahan ini gampang dipakai untuk menggambar satu objek. Sepatu yang terbuat berbahan canvas biasanya mempunyai warna hitam juga putih.

Kulit Lak 
Adalah bahan pembuat sepatu yang mirip kulit sintesis karena teksturnya yang mengkilap. Struktur mengkilap pada kulit lak dikarenakan oleh proses akhir yang dikerjakan pada kulit. Kulit lak adalah bahan pembuat sepatu yang condong tahan dengan air dan memiliki langkah perawatan yang cukuplah gampang. Dalam perwatannya, sepatu memiliki bahan kulit lak tak perlu disemir tetapi cukuplah di bersihkan atau dilap degan air saja. Kulit lak seringkali kita temui pada sepatu-sepatu PDH.

Denim 
Adalah bahan pembuat sepatu yang seringkali dikatakan sebagai bahan jeans. Bahan ini mirip bahan canvas. Tetapi bahan denim atau jeans umumnya dipakai untuk bikin mode sepatu kasual atau sepatu sneakers. Warna dari sepatu memiliki bahan denim ini biasanya warna biru, warna abu-abu serta hitam. Bahan denim pula termasuk bahan pembuat sepatu yang kuat serta tahan dalam tempo yang lama.

Karet 
Karet ialah hasil olahan getah pohon karet yang seringkali dipakai dalam pembuatan sepatu. Sepatu wanita adalah sepatu yang seringkali dibikin memakai bahan karet. Tetapi di masa moderen ini, bahan karet pula seringkali didapati pada sepatu-sepatu pria terutamanya sepatu pantopel serta sepatu casual. Sepatu memiliki bahan karet termasuk dalam sepatu bertahan lama karena sepatu ini memiliki bentuk yang lentur serta tahan air.

Itu beberapa macam bahan pembuat sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu yang seringkali kita pakai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja