9 Cara merawat sepatu kulit agar bebas dari bau

Cara Membersihkan Sepatu Kulit - Borsa Shoes

Mungkinkah sepatu kulit bertahan tanpa ada jamur sampai lebih dari satu tahun? Soalnya, mengingat harga yang mahal, kamu harus mengikhlaskan tabungan untuk membelinya. Tidaklah heran bila kamu jengkel waktu warnanya sirna atau terkelupas.Sepatu yang berasal berbahan kulit asli memang awet umurnya, tetapi perawatan sepatu kulit juga bukan hal yang gampang. Apa yang perlu dilaksanakan? Berikut langkah menjaga sepatu kulit supaya bebas berbau serta jamur yang harus kamu kenali. Baca ya

1. Sebelum tahu langkah menjaga sepatu kulit, kenali dahulu tipe kulit dari sepatumu!

Lain tipe kulit, tidak sama langkah bersihkan sepatu kulit. Karena itu pada langkah awal, kamu harus tahu benar, apa tipe kulit dari sepatumu. Sepatu kulit itu umumnya didatangkan dalam macam bahan kulit yang mempunyai tingkat kelembapan, keelastisan, serta ketahanan yang berlainan. Beberapa bahan kulit juga dapat dibedakan dari permukaannya.

Umumnya sepatu kulit yang mempunyai bahan kulit full grain akan mempunyai keelastisan serta ketahanan yang lebih bagus. Full grain ini umumnya mempunyai permukaan yang malah lebih kasar. Jika diperlengkapi dengan perawatan sepatu kulit yang benar dan baik akan makin tahan lama. Disamping itu, ada pula sepatu kulit dengan bahan kulit top grain yang bertahan lama, tetapi mutunya masih di bawah full grain

2. Jangan disimpan memakai plastic

Nah, langkah simpan yang pertama ialah sepatu kulit harus dijauhkan dari plastik. Plastik adalah lawan paling besar bahan kulit, sebab dapat menghisap warnanya sampai sirna. Melekatnya plastik pada bahan kulit membuat kulit jadi lembap serta menyebabkan munculnya jamur.

Waktu warna sepatu kulit beralih, kamu memerlukan layanan re-coloring produk kulit, serta ini mahal. Karena itu, jangan simpan sepatu kulit dengan dimasukkan ke plastik. sepatu dapat dibeli di tempat jual sepatu safety 

Pakai dust bag untuk simpan sepatu kulit, sebab direncanakan spesial untuk menjaga kualitas serta warna produk kulit. Kemudian, masukan ke kotak sepatu. Supaya memiliki bentuk tidak beralih sepanjang disimpan, isi sepatu dengan gumpalan koran.

3. Imbuhkan gel silika untuk kurangi kelembapan dalam tempat penyimpanan

Masukan gel silika ke sepatu kulit waktu kamu akan menyimpannya. Perawatan sepatu kulit yang satu ini kemungkinan seringkali terlewatkan. Gel silika ini berperan untuk menghisap kelembapan dari udara yang berada di seputar area untuk menyimpan.

Soalnya, keadaan udara yang lembap beresiko membuat bahan kulit gampang teroksidasi hingga menyebabkan munculnya jamur, bakteri, serta perkembangan warna bahan. Dengan ikuti langkah menjaga sepatu kulit yang satu ini,  ditanggung sepatumu tidak akan muncul berbau atau jamur.

4. Jangan dibikin bersih dengan air, tetapi lotion spesial untuk hindari noda

Supaya lebih bertahan lama, turuti langkah bersihkan sepatu kulit yang satu ini, yuk. Tumpahan minyak serta air akan diserap bahan kulit hingga memunculkan noda yang sulit di hilangkan. Disamping itu, air mempunyai kelembapan tinggi yang menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan bahan kulit.

Bila tas atau sepatu kulit kotor, seharusnya jangan dibikin bersih dengan lap basah. Tetapi pakai lotion pembersih produk kulit. Membersihkannya juga bukan diusap, sebab akan mengakibatkan kerusakan permukaan bahan. Semprotkan pembersih pada spons lalu tepok-tepukkan pada sepatu kulit.

5. Mengeluarkan sepatu kulit dari kotaknya tiap dua minggu

Terkadang, sebab begitu sayang dengan sepatu kulit yang harga mahal, kamu lebih pilih menyimpannya dibanding seringkali dipakai. Walau sebenarnya, bahan kulit perlu temperatur udara normal untuk jaga permukaannya masih kering serta tidak lembap. Penyimpanan yang kelamaan akan membuat sepatu kulit lembap hingga membuat permukaannya gampang terkelupas serta bau tidak enak.

6. Jangan langsung taruh selesai digunakan

Sesudah dipakai sepanjang hari, keringat dari kaki akan melekat di bagian dalam sepatu. Bila kamu langsung masukkan sepatu kulit ke kotak penyimpanan, keringat yang berbentuk asam akan mengakibatkan kerusakan kulit serta memunculkan noda.

Serta, sisi dalam sepatu beresiko jadi sarang jamur. Selesai dipakai, masukan spons kering ke sepatu serta diamkan sepanjang 30-60 menit supaya spons menghisap tersisa keringat. Membersihkan juga sisi luar sepatu kulit dari debu, serta sesudahnya kamu bisa menyimpannya.

7. Taruh dengan rapi serta teratur

Nah, point yang satu ini kadang lepas dari perhatian. Saat simpan sepatu kulit, upayakan untuk menyimpannya dengan rapi serta teratur. Menyimpannya dengan tidak rapi cuma akan membuat struktur sepatu kulit cepat rusak.

Saat menempatkannya di rack, yakinkan sepatu kulit tidak tertumpuk dengan sepatu yang lain. Beri jarak yang aman dengan sepatu lain yang berada di samping kiri serta kanan. Saat bergesekkan dengan sepatu yang lain, hal itu akan memunculkan noda baret yang permanen serta susah untuk di hilangkan.

8. Sempatkan diri untuk menyemir sepatu dengan cara teratur

Supaya sepatu kulit masih terbangun mutunya, salah satunya langkah bersihkan sepatu kulit ialah kamu dapat dengan cara teratur menyemir sepatumu. Proses semir dengan cara teratur, akan membuat warna sepatu kembali lagi cemerlang serta noda juga terhapuskan. Lihat warna semir yang kamu pilih, ya. Yakinkan warna semir sepatu itu betul-betul sesuai warna sepatu kulitmu.

9. Sepatu kulitmu basah? Coba keringkan dengan langkah ini!

Lembap jadi salah satunya unsur yang akan membuat sepatu kulitmu berbau yang kurang enak serta ditumbuhi jamur. Karena itu, bila sepatu kulitmu basah, langkah mengeringkannya yang sangat pas ialah di bawah paparan cahaya matahari. Tetapi berhati-hati paparan cahaya matahari yang begitu panas dapat juga membuat struktur sepatu kulit rusak serta pecah-pecah.

Kamu dapat menyiasatinya dengan menjemur sepatu kulit di ruang tertutup yang terserang cahaya matahari saja. Bila memang tidak mempunyai waktu banyak, kamu dapat memakai hair dryer. Tetapi alasi dahulu sepatu kulitmu memakai koran supaya tidak begitu panas, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja