Perkembangan Sistem Manajemen Database dalam Sekolahan


Saat ini sekolah sudah mulai membangun Sistem Informasi Manajemen Base data Sekolah ( DBMS ). Program ini diartikan sebagai sebuah program yang ditujukan untuk kemajuan lembaga sekolah agar meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan data, baik itu data siswa maupun data guru pada sekolah tersebut. Apabila perusahaan membutuhkan program database, hubungi saja jasa pembuatan program database terdekat.Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode yang dapat menjadikan sebuah data menjadi informasi yang lebih bernilai dan berguna bagi para pemakai informasi agar hasil dari output tersebut dapat menjadikan pendidikan lebih baik di sebuah satuan pendidikan (sabandi ahmad; vindi gustiandra,2019)

Permasalahan yang ada sekarang ini adalah kelemahan dan kekuranganyang ada dalam hal penyimpanan, pengolahan, serta penyampaian informasi yangterjadi pada sekolah ini, yang meliputi data siswa, data guru, nilai siswa, danpenjadwalan mata pelajaran yang sering kali terjadi kerangkapan data karena data yang sudah diolah tidak terorganisasi dengan baik. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi sekolah yang bisa mengintegrasikan data-data tersebut pada suatu database yang terpadu sehingga dapat membantu dalam hal pengolahan data untuk proses penyampaian informasi. Mengingat sekolah ini sudah mempunyai akses internet, maka untuk mengoptimalisasikan pemakaian dan nilai manfaat dari sistem informasi yang diterapkan ini, sekolah akan menerapkan DBMS atau pengelolaan data berbasis data base. Sehingga nantinya akan memudahkan proses pengolahan data siswa, dan juga mempercepat penyampaian informasi, serta mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengolahan data seperti kerangkapan data.

Data menurut Al-Bahra Bin Ladjamudin (2005:8) adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian nyata, data merupakan bentuk informasi yang masih mentah sehingga perlu diolah lebih lanjut agar menghasilkan keluaran yang bermanfaat. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam database. Data akan menjadi bahan dalam suatu proses pengolahan data. Oleh karena itu, suatu data belum dapat berbicara banyak sebelum diolah lebih lanjut.

Proses pengolahan data terbagi menjadi tiga tahapan, yang disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu : 1). tahapan Input, yaitu dilakukan proses pemasukan data ke dalam komputer lewat media input (Input Devices), 2). Pada tahapan Processing, yaitu dilakukan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan, yang dilakukan oleh alat pemroses (Process Devices) yang dapat berupa proses perhitungan, perbandingan, pengendalian, atau pencarian distorage, dan 3). Pada tahapan Output, yaitu dilakukan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Output Devices) yaitu berupa informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja