Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

jenis-website

jasa pembuatan web tangerang - Situs (Website Situs) yaitu himpunan dari satu atau lebih halaman yang sama-sama terkait, didalamnya diisi info termasuk content multimedia.

Sebuah Situs diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada paling tidak sebuah situs server. Sebuah situs dapat dibuka melalu jaringan IP umum, seperti Internet, atau jaringan lokal (LAN), dengan memakai uniform resource locator (URL) jadi alamat rujukannya.

Dari bentuk dasarnya, situs dibagi jadi dua, yakni Situs Statis dan Situs Dinamis sesaat dari peranannya situs dibagi jadi beberapa type :

  • Company Profile 
  • E-Commerce 
  • Archive 
  • Dating 
  • Government 
  • Personal 
  • Entertainment 
  • News Portal 
  • Blog 
  • Community 
  • Educational 
  • Search Engine 
  • Gallery 
  • Social Media 
  • Social Bookmarking 
  • Social News 


Type situs berdasar pada bentuknya
Sebelumnya mulai pembuatan situs seseorang situs designer juga akan bertanya tujuan Kamu buat situs. Apakah untuk situs (blog) pribadi, company profile, toko on-line, portal berita dsb. Pertanyaan ini mempunyai tujuan untuk memastikan apakah situs Kamu memerlukan situs statis atau dinamis berdasar pada seberapa sering info pada situs juga akan diperbarui. Berikut keterangan mengetahui Situs Statis dan Dinamis :

Situs Statis
Halaman situs statis akan tidak alami perubahan content (isi situs) ataupun layout saat terjadi keinginan data ke situs server. Halaman hanya juga akan beralih bila pengelola melakukan perubahan pada content situs dengan manual.

Perubahan biasanya dilakukan memakai pertolongan program text editor atau program desain situs seperti Adobe Dreamweaver. Setiap info yang dipertunjukkan di situs statis ditata dengan bhs markup seperti HTML. Karenanya bila diperlukan perubahan sekecil apa pun, maka hanya dapat dilakukan oleh situs designer atau situs programmer.

Halaman situs statis tambah lebih simpel, relatif lebih aman dari serangan hacker, tidak rawan dari kekeliruan tehnis, dan lebih mudah di baca oleh search engine (eg : Google).

Keunggulan Situs Statis

  • Cepat untuk dikembangkan 
  • Efektif untuk dikembangkan 
  • Efektif saat disimpan pada situs hosting 

Kekurangan Situs Statis

  • Memerlukan tenaga pakar khusus untuk melakukan perubahan 
  • Website jadi kurang berguna untuk pengunjung 
  • Content situs yang usang 

Situs Dinamis
Situs dinamis memiliki content yang dapat menyesuaikan sesuaikan hubungan dari pengunjung. Perubahan pada data digerakkan oleh aplikasi dengan berkala, seperti pada situs berita. Perubahan-perubahan itu dapat dilakukan dengan tehnik client-side scripting, memakai bhs pemrograman situs (Javascript, ActionScript, DHTML).


Dengan client-side scripting content pada halaman situs dapat dirubah secara cepat pada computer pengunjung tanpa ada memohon halaman baru ke situs server. Umumnya situs dinamis diperkembang dan digerakkan pada situs server dengan bhs pemrograman server-side scripting (ASP, JSP, Perl, PHP, Python).

Baik bhs pemrograman client ataupun server-side dipakai pada situs yang senantiasa alami perubahan content dan memiliki feature interaktif yang kompleks. Situs dinamis tawarkan fleksibilitas yang banyak, tapi sistem untuk menggerakkan halaman situs dengan paduan content yang unik pada setiap halaman memerlukan situs server mutakhir berkecepatan tinggi.

Bahkan juga server yang ideal pun dapat kerepotan bila memperoleh banyak keinginan data dari situs dinamis kurun waktu yang singkat.

Content dalam situs dinamis harus dioptimasi dengan khusus agar lebih ramah dengan search engine, ini adalah kekurangan beda dari situs dinamis.

Keuntungan Situs Dinamis

  • Memiliki banyak feature tambahan 
  • Lebih mudah untuk dikembangkan 
  • Lebih mudah menaikkan content baru yang menarik pengunjung dari search engine 
  • Memiliki feature yang mempermudah pengelola dan pemakai untuk bekerjasama 

Kekurangan Situs Dinamis

  • Memerlukan waktu lama dan dana lebih untuk pengembangan 
  • Memerlukan biaya hosting lebih mahal 

Sebagian besar situs dari masa awal internet memiliki desain statis, tapi saat ini makin beberapa orang yang sadar juga akan banyak keunggulan situs dinamis. Situs dinamis memiliki feature lebih banyak dan memberi kesan profesional dan pengalaman menarik untuk pengunjung situs Kamu.

Type situs berdasar pada peranannya
Sesaat berdasar pada peranan dan manfaat yang lebih khusus, beberapa jenis situs dibagi sekali lagi jadi beberapa type, berikut daftarnya :

Company Profile
Company profile adalah situs simpel yang sudah pasti statis, biasanya di buat oleh perusahaan untuk menghadirkan info bisnis mereka seperti layanan, visi misi, dan kontak.

Biasanya, situs Company Profile lebih konsentrasi pada desain penampilan situs yang menarik tetapi info yang diperlukan pengunjung tetaplah dipertunjukkan dengan terang.
Contoh Brochure SitesContoh : http :// progresstech. co. id/

E-Commerce
E-Commerce yaitu situs yang memiliki feature untuk beraktivitas jual beli product atau layanan melalui internet. Situs E-Commerce memiliki feature yang dapat menukar peranan pada toko off line seperti menghadirkan product, pengecekan ketersedian product, pemesanan dan transaksi on-line.

Archive
Situs type ini dipakai untuk melestarikan atau menaruh content elektronik yang terancam juga akan hilang. Misalnya yaitu Internet Archive yang mulai sejak th. 1996 sudah menaruh dengan baik miliaran halaman situs.

Contoh yang lain yaitu Google Groups yang pada awal th. 2005 sudah mengarsip lebih dari 845 juta pesan yang di posting ke sebagian group diskusi on-line.

Dating
Situs ini adalah tempat untuk beberapa pemakai untuk temukan seorang yang dapat jadi pasangan dalam jalinan periode panjang, kencan, pertemuan singkat maupun persahabatan.

Banyak situs yang membebankan biaya tertentu tetapi ada juga situs yang memberi layanan ini dengan gratis. Beberapa besar situs dating juga memiliki peranan jadi situs media sosial.

Untuk Kamu yang tertarik memakai layanan ini dapat mengaksesnya di eHarmony dan Match. com.

Government
Situs resmi punya pemerintah lokal, negara bagian, departemen pemerintahan atau pemerintah nasional suatu negara. Biasanya situs resmi ini menjalankan situs yang lain yang mempunyai tujuan untuk berikan info tentang suatu daerah berikut dengan beberapa ketentuan di dalamnya.

Salah satu contoh situs pemerintahan yang senantiasa up-date saat ini yaitu Jakarta. go. id punya Pemprov DKI Jakarta.

Personal
Situs type ini adalah situs punya perorangan atau grup kecil yang berisikan info atau content yang memang dikehendaki oleh yang memiliki situs.

Misalnya saja situs punya seseorang selebriti besar yang digerakkan oleh humas atau sebuah lembaga. Misalnya seperti barackobama. com punya Presiden AS Barack Obama, atau michellebuteau. com punya Michelle Buteau, seseorang aktris dan penulis.

Entertainment
Bila kamu mencari situs yang berhubungan dengan hiburan (entertainment), maka yang juga akan kamu sering jumpai yaitu situs promosi, situs game on-line, situs film/bioskop, dan situs untuk sebuah group band atau penyanyi.
Contoh : http :// kapanlagi. com/

News Portal
News Portal adalah sebuah situs yang khusus menghidangkan info berita peristiwa, politik, opini dsb. Situs news yang telah tidak asing untuk Kamu misalnya yaitu detik. com, liputan6. com, viva. co. id dan yang lain.

Blog
Banyak blogger memakai situs (blog) untuk menuangkan inspirasi dan ekspresi mereka mengenai beragam hal, dari mulai politik sampai ke kajian video game misalnya. Beberapa di antara mereka yaitu blogger profesional yang dibayar untuk menulis tema tertentu.
Contoh : http :// blogger. com /, http :// wordpress. com /,

Community
Pengertian website komune (Community Sites) yaitu tempat berkumpulnya beberapa orang yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komune. Di website ini, user dapat sama-sama bertukar info dan membuat group-group untuk bersosialisasi. Umum kita sering dengar dengan arti komunitas.

Educational
Situs pendidikan jadi fasilitas personalisasi jalinan pada pusat dan komune pendidikan (murid/mahasiswa) agar dapat sama-sama berkomunikasi dan menebarkan info terkait dengan pendidikan dengan luas.

Search Engine
Google, Bing, Yahoo Search, DuckDuck Go yaitu beberapa contoh jenis macam search engine. Situs type ini adalah sebuah situs yang bertugas menyatukan daftar situs yang bisa Kamu dapatkan di semua jaringan internet dalam database. Situs yang Kamu mencari dapat keluar dalam halaman hasil pencarian sesuai sama keyword yang Kamu pakai.

Gallery
Situs type ini didesain khusus untuk dipakai jadi galeri. Misalnya untuk situs galeri pameran seni atau photo dan galeri non komersial yang lain.

Social Media
Fenomena media sosial yang ada didunia saat ini berjalan demikian cepat dengan semua perubahannya. Situs media sosial sangat mungkin Kamu untuk dapat sama-sama bertukar info yang terdapat dalam beragam jenis content (gambar, teks, video dan audio). Beberapa situs media sosial yang populer yaitu Facebook, Twitter dan YouTube.

Social Bookmarking
Sebuah situs di mana pemakai sama-sama sharing content dari internet, lalu memberi posisi dan komentar pada content itu. Contoh situs type ini yaitu StumbleUpon, Digg dan Keseluruhan Knowledge.

Social News
Situs berita sosial menghidangkan tulisan dari pemakai yang bisa diberi posisi berdasar pada popularitasnya. Pemakai beda dapat juga memberi komentar pada bebrapa tulisan itu.

Situs type ini dipakai untuk menghubungkan beragam type info termasuk berita, narasi lucu, diskusi dan yang lain seperti Reddit, Digg dan SlashDot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja