Peranan Humas dan Komunikasi Dalam Kehidupan

Image result for Peranan Humas dan Komunikasi

tugas biro konsultasi pr - Dalam kehidupan manusia diakui ataupun tidak, nyaris semua kesibukan kita di isi oleh komunikasi. Dari sebuah riset menyebutkan kalau 70% waktu bangun kita dipakai untuk berkomunikasi, baik yang dilakukan pada sendiri ataupun pada orang yang lain. Komunikasi juga memastikan kwalitas hidup kita.

Setiap orang melakukan dua jenis komunikasi, komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal. Tetapi dalam komunikasi dengan orang yang lain (interpersonal), perlu lebih beberapa hal yang di perhatikan karena pada prakteknya tidak selama-lamanya apa yang kita berikan dapat di terima dengan baik oleh komunikan kita. Hal semacam ini dapat dikarenakan oleh bermacam jenis persepsi dan masalah.

Komunikasi bertindak penting dalam semua segi kehidupan manusia. Karena hubungan antar manusia dapat terjadi dimanapun dan setiap saat, tidak kecuali dalam kehidupan organisasi. Dalam kehidupan berorganisasi, komunikasi bertindak penting dalam setiap aktivitas dan dalam membuat lancar tercapainya maksud organisasi itu.

Dalam usaha untuk menjangkau maksud suatu organisasi atau perusahaan itu sangat terkait dengan pihak karyawan (Internal) ataupun orang-orang (eksternal). Agar pada perusahaan/organisasi dan ke-2 pihak umum ini tersambung hubungan yang serasi maka dibutuhkanlah peran humas.
Humas adalah suatu bagian dalam organisasi/perusahaan yang bertindak jadi fasilitas komunikasi internal ataupun eksternal perusahaan. Mereka berusaha untuk memberi info mengenai semua aktivitas, kebijakan, dan prosedur dan sekaligus untuk membuat/menjaga citra positif organisasi/perusahaan.

Kesibukan humas keseharian adalah mengadakan komunikasi timbal balik (two way communication) pada semua publiknya (internal/eksternal). Mereka bukan sekedar bertindak jadi komunikator, seseorang humas harus juga dapat jadi pendengar yang baik. Karena mereka harus ketahui dan mengerti pendapat umum pada organisasi/perusahaan. Seringkali mereka harus dengarkan opini yang tidak sama, karena umum yang dikerjakan berlainan dan setiap individu memiliki respon dan sikap yang berlainan juga.

Dari dengarkan opini umum yang berlainan, seseorang humas harus dapat ambil sikap untuk menyesuaikan ketidaksamaan opini atau berikan input atau anjuran pada perusahaan/organisasi untuk melakukan penyesuaian dengan opini yang ada. Dengan terdapatnya komunikasi timbal balik begini dapat memperkokoh keyakinan umum pada humas dengan pribadi dan pada perusahaan dengan umum.

Lihat juga : kelebihan dan kekurangan corporate pr

Humas memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan organisasi, karena hidup matinya sebuah perusahaan atau organisasi bergantung pada peran humas. Hal semacam ini tidak terlepas dari aktivitas yang mereka kerjakan berhubungan segera dengan semua umum perusahaan/organisasi, dan pada intinya kehadiran sebuah perusahaan/organisasi sangatlah bergantung pada umum. Bila seseorang humas dapat membuat suasana yang serasi, sama-sama keyakinan pada pihak perusahaan dan umum maka humas itu sudah melakukan peranan dan peranannya dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja