PENGERTIAN DAN DEFINISI HUMAS

Related image

tugas biro konsultasi pr - Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas yaitu praktik mengelola penebaran info pada individu atau organisasi dan orang-orang. Humas dapat meliputi sebuah organisasi atau individu yang memperoleh eksposur ke khalayak mereka memakai tema kebutuhan umum dan berita yg tidak memerlukan pembayaran segera. Maksud dari hubungan orang-orang oleh perusahaan sering untuk membujuk orang-orang, investor, partner, karyawan, dan pemangku kebutuhan yang lain untuk menjaga pojok pandang tertentu mengenai hal tersebut, kepemimpinannya, product, atau ketentuan politik. Aktivitas umum termasuk bicara di konferensi, memenangi penghargaan industri, bekerja bersama dengan pers, dan komunikasi karyawan.

DEFINISI HUMAS MENURUT PARA AHLI 

1. Marston
· Public Relation yaitu suatu rencana dengan memakaikomunikasi persuasive untuk memengaruhi persepsi orang-orang

2. Frank Jeffkins
· Humas yaitu suatu hal yang terbagi dalam semua bentuk komunikasi merencanakan baik kedalam ataupun ke luar pada organisasi dengan publiknya untuk menjangkau maksud khusus, yaitu pengertian dengan.

3. Edward L. Bernays
· Humas memiliki tiga pengertian :
1) Berikan penerangan pada orang-orang.
2) Pembujukan segera pada orang-orang manfaat merubah sikap dan tindakan
3) Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan aksi dari persoalan dengan orang-orang dan dari orang-orang pada permasalahannya.

4. The Public Relations Society of America :
· Humas menolong suatu organisasi dan publiknya untuk sama-sama menyesuaikan dengan untungkan. Humas yaitu usaha organisasi untuk peroleh hubungan kerja dari sekumpulan orang. Humas menolong organisasi berhubungan dengan efisien dan berkomunikasi dengan umum utama.

5. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
· Humas adalah peranan manajemen yang menilainya sikap umum, mengidentifikasi kebijakan dan tatacara seorang atau organisasi untuk kebutuhan umum, dan berencana dan melakukan suatu program aktivitas untuk peroleh pengertian, pemahaman, dan support dari publiknya.

6. J. C. Seidel
· Humas yaitu sistem yang berkepanjangan dari usaha-usaha manajemen untuk peroleh niat baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan umum biasanya kedalam dengan membuat analisa dan perbaikan pada sendiri keluar dengan membuat pernyataan-pernyataan.

7. Public Relation World Conference
· Humas yaitu paduan pada seni dan ilmu dan pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memprediksi konsekwensi, berikan anjuran pada pimpinan organisasi, dan melakukan gagasan aktivitas seperti yang sudah diputuskan untuk melayani kebutuhan umum dan organisasinya.

8. Cutlip, Center, dan Broom
· Humas yaitu peranan manajemen yang membuat dan menjaga hubungan yang baik dan bermanfaaat pada organisasi dengan umum yang merubah keberhasilan dan kegagalan organisasi itu.

9. Menurut Jeffkins & Daniel Yadin
· Humas yaitu sebuah system komunikasi untuk membuat kemauan baik. (Public relations is a sistem of communication to create goodwill).

10. Menurut W. Emerson Reck
· Humas yaitu lanjutan dari sistem penetapan kebijaksanaan, penetuan service dan sikap yang sesuai dengan kebutuhan beberapa orang atau kelompok agar orang atau instansi itu peroleh keyakinan dan niat baik dari mereka. Ke-2, proses kebijaksanaaan, service dan sikap yaitu untuk menanggung ada pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

11. The British Institute of Public Relation
· Humas yaitu suatu usaha merencanakan dan berkaitan untuk membina dan pelihara niat baik maupun pengertian dengan pada organisasi dengan orang-orangnya.

12. Majalah Public Relations News
· Humas yaitu peranan manajemen yang menilainya sikap orang-orang, mengidentifikasi karsa dan tingkah laku individu maupun suatu organisasi pada kebutuhan umum, untuk lalu berencana dan melakukan program tindakan untuk memperoleh pengertian dari orang-orang dengan maksud agar di terima orang-orang

13. The International Public Relations Assosiation
· Humas yaitu peranan manajemen yangberkelanjutan dan terukur lewat sebuah organisasi dan instansi umummaupun pribadi, berupaya memenangi dan menjaga pengertian, simpati, dan support orang – orang yang mereka kehendaki dengan menilainya pendapat umum di sekitar mereka sendiri, untuk lalu dihubungan sejauh mungkin dengan karsa dan kelakuannya, manfaat menjangkau hubungan kerja yang lebih produktif dan lebih effisien untuk penuhi kebutuhan dengan, dengan suatu info yang direncanakan dan disebarluaskan.

PENGERTIAN HUMAS SECARA UMUM 

Hubungan orang-orang, atau sering disingkat humas yaitu seni membuat pengertian umum yang lebih baik hingga dapat memperdalam keyakinan umum pada suatu individu/organisasi. Humas yaitu sebuah sistem yang terus-terusan dari usaha-usaha manajemen untuk peroleh tekad baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan umum yang lebih luas. Dalam pekerjaannya, seseorang humas buat analisa kedalam dan perbaikan diri, dan buat pernyataan-pernyataan keluar.

Humas atau public relations yaitu sebuah seni sekaligus pengetahuan sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekwensinya, memberi pengarahan pada pimpinan institusi/instansi dan melakukan program-program terencana yang bisa penuhi kebutuhan baik institusi ataupun instansi itu ataupun orang-orang yang berkaitan.

Public Relations (PR) adalah peranan manajemen untuk menjangkau tujuan tertentu yang sebelumnya harus memiliki program kerja yang pasti dan detil, mencari kenyataan, berencana, mengkomunikasikan, sampai mengevaluasi hasil-hasil apa yang sudah diraihnya. Humas tidaklah alat bisnis atau politik, namun alat manajemen.

Lihat juga : kelemahan dan kelebihan corporate pr

Hubungan orang-orang (Humas) atau Public Relations (PR) yaitu sebuah seni berkomunikasi dengan umum untuk membuat sama-sama pengertian, hindari kesalahpahaman dan mispersepsi, sekaligus membuat citra positif instansi. Humas tidaklah alat bisnis atau politik, namun alat manajemen.
Humas yaitu semua bentuk kontak dan hubungan yang diselenggarakan oleh suatu organisasi dengan semua bentuk“publik” baik internal ataupun eksternal, hubungan ini yaitu mencakup semua bentuk komunikasi. Harus diingat juga, kalau untuk terjadinya suatu komunikasi harus terdapat unsur terima dan berikan atau dialog – dialog dengan pihak –pihak yang berhubungan, dan unsur – unsur yang berada di dalamnya (humas) yaitu :

1) peranan manajemen
2) peranan komunikasi,
3) peranan riset dan penilaian
4) suatu peranan yang didesain untuk tingkatkan salingpengertian, kecocokan, dan input yang demokratis kedalam suatu sistem pengambilan ketentuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja