Penentuan Sepatu Safety

Dalam memilih sepatu safety seharusnya berdasar pada kwalitas & manfaat (bukanlah jenis atau merk semata) karena fungsi utama sepatu safety yaitu untuk melindungi kaki. Memilih Sepatu Safety untuk Pekerja Lapangan sebaiknya memerhatikan banyak hal, disamping biaya (biaya) dan design juga tidak kalah penting yaitu pertimbangan lingkungan kerja. Berikut ini adalah info singkat mengenai cara memilih sepatu safety (Safety Shoes) sesuai dengan lingkungan kerja di perusahaan :

a. Pabrik Peleburan Besi dan Baja :
Pabrik besi termasuk tempat kerja yang beresiko cukup tinggi. Pakailah sepatu safety dengan model menutup mata kaki atau boot tinggi. Pilihlah sepatu safety dengan RESLETING karena lebih tahan panas dan tahan percikan api atau baja cair. Bila didalam ruangan bersuhu tinggi (diatas 100 derajat CELCIUS), pakai sepatu safety yang sesuai standar yang memiliki ketetapan keterangan Tahan Panas (Heat Resistant) sampai 300˚ C. Lihat: tempat jual sepatu safety di semarang

b. Proyek Konstruksi :
Pakai sepatu Boot safety atau middle boot yang menutup mata kaki. Guna menghindari tertusuk paku maka dianjurkan untuk menambahkan PLAT BESI pada telapak kaki (didalam sol).

c. Pelabuhan dan Bandara :
Lokasi kerja ini berhubungan dengan bahan bakar, air, aftur dan benda cair yang lain. Dengan tambahan SOL tahan licin. Dapat memakai sepatu safety pendek ataupun sedang dan bisa dengan tali atau tanpa tali.

d. Pertambangan Batu Bara dan Minyak Bumi :
Pertambangan termasuk salah satu lingkungan kerja dengan resiko tinggi (high risk environment) maka diperlukan sepatu safety dengan spesifikasi tertentu, Jenis boot tinggi 24 sampai 28 cm (menutupi mata kaki dan betis). Sol tahan minyak (oil resistant sole) dan berbahan PU (polyurethane) dipakai di pertambangan minyak bumi. Sol karet pentil (sol DR Rubber) tahan pada benda tajam dipakai di pertambangan batu bara dan bijih besi. Bisa pula ditambahkan sol PU dengan penambahan pelat besi didalam sol guna hindari tusukan paku atau benda tajam lainnya.

e. Proyek Pengaspalan Jalan Raya :
Proyek seperti ini bisanya berlangsung dalam waktu 3 – 6 bulan sehingga tetap diperlukan sepatu safety dengan bahan kulit asli dan sol karet. Sebaiknya memilih jenis tanpa tali atau memakai resleting samping, hingga sepatu tetap awet walau terkena aspal cair yang masih mendidih. Bila memakai safety shoes bertali maka bagian talinya akan mudah putus dan ini kurang efisian saat melepas dan memakai sepatu.

f. Pabrik Semen dan Beton bertulang :
Pabrik semen atau beton pantasnya memakai sepatu safety boot tinggi, guna melindungi dari siraman semen dan bahan kotor lainnya. Pakailah sepatu safety dengan sol karet pentil.

g. Pabrik Kimia :
Untuk pabrik atau tempat yang mengandung bahan kimia berbahaya, diwajibkan memakai sepatu safety (safety shoes) dengan spesifikasi ACID RESISTANT atau CHEMICAL RESISTANT. Sehingga pemakai terlepas dari resiko cacat akibat terkena tumpahan bahan kimia berbahaya. Anda dapat memakai jenis pendek atau sedang, disarankan yang slip on (tanpa tali) agar lebih efektif.

h. Pabrik Makanan dan Minuman :
Karena lingkungan kerja yang beresiko rendah dan biasanya dihuni oleh puluhan karyawan. Cukup pakai sepatu safety dengan SOL TAHAN LICIN. Karena lingkungan kerja ini cenderung basah dan licin.

i. Restoran :
Untuk dapur (kitchen) dan restoran kami sarankan memakai sepatu safety shoes dengan SOL yang tahan licin atau anti slip. Agar pemakai tidak mudah terpeleset saat lantai dapurnya licin terkena minyak. lebih baik memakai sepatu safety dengan jenis pendek dengan elastic samping, hingga lebih efektif. Begitu halnya Chef atau juru masak/Koki Masak restaurant, juga memakai sepatu safety, untuk Chef yang diutamakan yaitu slip resistance, karena mereka bekerja dalam lingkungan dapur yang biasanya basah maupun licin karena minyak dll.

j. Perkebunan atau Pertanian :
Lingkungan kerja ini dapat memerlukan sapatu safety. Pegawai perkebunan memerlukan Sepatu safety boot tinggi yang bisa melindunginya dari duri, lumpur dan alat-alat pertanian.

k. Pabrik Kelapa sawit dan Gula :
Pabrik kelapa sawit dan pabrik gula ini memerlukan sepatu safety dengan sol TAHAN MINYAK. Pakailah Sepatu Safety yang cocok dengan medan kerja. Pembersihan sepatu setelah dipakai akan melindungi keawetan sepatu. Anda dapat memakai sepatu safety dengan jenis yang pendek, sedang ataupun boot sesuaikan dengan tempat kerja Anda. Usahakan memakai sepatu safety yang tanpa tali, untuk mempermudah pemakaian dan pelepasan.

l. Ekspedisi atau Survei Lapangan :
Tipikal pegawai di perusahaan ini sering bergerak dan berpindah-pindah, hingga perlu sepatu safety pendek tanpa ada tali untuk mempermudah pemakaian dan pekerjaan mengangkat barang. Untuk ekspedisi kami sarankan memakai sepatu pendek tanpa tali. Untuk petugas survey dapat memakai sepatu pendek atau sepatu sedang dengan jenis sesuai selera. Biasanya mereka lebih memilih jenis yang casual karena dapat dipakai kerja sekaligus santai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja