Tutorial Dasar dan Cara Meningkatkan SEO Blogspot

Image result for Sosial media untuk optimasi SEO

jasa pembuatan website murah - Sebelumnya kita mengerti dahulu tentang SEO. SEO (Search Engine Optimization) yaitu sistem tingkatkan/memaksimalkan jumlah pengunjung situs (blog)/situs lewat cara mencapai posisi yang lebih tinggi di hasil indeks halaman search engine (SERP). Makin tinggi SERP, makin besar juga peluang jumlah pengunjung. Juga akan sangat jarang pengunjung search engine yang melakukan searching halaman untuk halaman search engine. So, beberapa webmaster bersama-sama melakukan persaingan perebutan dan berebut untuk berada di halaman utama search engine. Sedang arti beda SEO (Search Engine Optimizer), yaitu aktor, alat, & elemen yang bisa menolong tingkatkan posisi SERP situs (blog)/situs.

Setiap situs (blog)/situs memiliki elemen, template/theme, basic code, dan beragam jenis elemen beda yg tidak sama hingga usaha melningkatkan SEO pun berbeda persis. Misalnya, WordPress memiliki basic elemen PHP, HTML, JavaScript, dan CSS. Diluar itu WordPress juga diperlengkapi dengan adanya banyak plugin SEO yang siap digunakan mengoptimalkan hasil di search engine. Blogspot memiliki elemen basic HTML, Javascript, & CSS, yg sudah pasti ada kekurangannya. Walau kita dapat memakai plugin SEO berbasic Javascript, tetapi saya sendiri tidak lihat efek penting. Keunggulannya, di Blogspot kita dapat melakukan modifikasi/hack tanpa ada batas baik pada desain situs (blog) ataupun dalam tingkatkan SEO-nya.

Beberapa cara berikut adalah cara yg masuk kelompok organic SEO, yakni optimalisasi search engine dengan beberapa cara natural, yg saya saksikan malah memiliki efek yg baik. Diluar itu, saya juga kurang demikian mensupport beberapa cara Blackhat SEO yang saat ini pun mulai disisihkan oleh Google.

1. Pilih template yang SEO friendly.
Suatu design layout situs (blog) dapat memiliki kelebihan dan kekurangan. Di satu bagian, sebuah penampilan template/theme terlihat hebat, tetapi dari sisi SEO mungkin lemah, maupun sebaliknya. Oleh karenanya, pilihlah template Blogger yang SEO friendly. Saat ini sudah tersedia banyak template Blogger gratis berkwalitas premium yang sudah disisipi hack SEO. Bila telah 'terlanjur sayang' dan ingin tetaplah memakai template yang lama, kerjakan dari langkah ke-2 berikut.

2. Gunakan meta tags di blog
Terdapat beberapa type meta tag, yang paling umum dipakai yaitu meta description, yang diisi gambaran situs (blog)/situs dan meta key, yang diisi beberapa kata kunci (keyword) yang terkait dengan isi situs (blog)/situs. Diluar itu ada juga meta author, yang diisi nama penulis atau nama institusi/perusahaan, tetapi jarang sekali digunakan. Dan banyak sekali lagi meta-meta yang lain.

3. Optimalkan kata kunci (keyword) pada title/judul blog
Memadatkan judul dengan kata kunci (keyword) yang ditargetkan dapat jadi besar kepadatan kata kunci (keyword) (kata kunci (keyword) density) suatu situs (blog). Pada blogspot, ubah judul melalui Dashboard Design/Rancangan Click ubah pada header, isi dengan judul yang dikehendaki dan save.

4. Tempatkan judul menulis dimuka nama blog
Pada template Blogger yang belum juga di isi hack, biasanya nama situs (blog) berada dimuka judul menulis. Untuk mengeceknya, buka sebuah halaman menulis dan lihatlah tab dan bar pada browser. Lihatlah apakah nama situs (blog) berada dimuka dan di susul judul menulis. Pada hasil indeks search engine, hal semacam ini dapat kurangi akurasi dan kepadatan kata kunci (keyword) dan memotong judul menulis dibagian belakang. Terlebih bila judul menulis sangat panjang. Pengunjung jadi tidak tahu point keseluruhannya.

5. Optimalkan kata kunci (keyword) yang padat dan efisien didalam menulis blog
Ini bukanlah bermakna buat kata kunci (keyword) sebanyak mungkin, namun mengatur letak/tempat kata kunci (keyword), memakai kata kunci (keyword) dan frase yang tepat, dan tidak memakai terlalu banyak kata yang bertele-tele. Misalnya, jauhi kalimat begini : " Pada dalam menulis kesempatan ini... ", dan sebagainya.

6. Percepat waktu loading (load time) blog
Google juga memberlakukan penalti pada situs (blog)/situs yang terlalu berat dan lama untuk di-load. Ini logis, karena waktu yang diperlukan oleh spider saat crawling dan menyatukan info jadi lebih lama. Beberapa hal yang menghalangi loading situs (blog)/situs biasanya yaitu : terlalu banyak file javascript (biasanya pada widget) dan terlalu besarrnya file-file gambar. Pengunjung pasti akan kewalahan karena harus menanti loading yang lama, terlebih untuk yang koneksi internetnya lemot.

7. Percepat sistem indeks search engine pada blog
Indeks yang cepat tunjukkan kalau situs (blog) sudah di kenal oleh search engine. Hal semacam ini sudah pasti percepat SEO suatu menulis karena kita tidaklah perlu menanti kurun waktu yang lama dan pengunjung pun dapat selekasnya menemukannya di search engine. Walau ini bukanlah jaminan kalau artikel menulis berada dalam indeks halaman utama, walau demikian ini yaitu langkah awal dari sistem SEO tersebut.

8. Nofollow-kan Label-label Blogger (opsional)
Didalam artikel Mengerti Karakter dan Cara Maksimalkan Label Blogger, saya menerangkan kalau url label sesungguhnya adalah perintah search (contoh url-nya : http :// buka-rahasia. blogspot. com/search/label/favicon), maka label tidaklah link permanent (permalink). Kenapa? Karena label hanya terjadi jadi hasil url perintah pencarian (misalnya seperti url pencarian seach engine). Oleh karenanya, search engine tidak mempertimbangkan label jadi link/url yang sah untuk diindeks. Tersebut kenapa ketika kamu masuk ke Google Webmaster Tools, ada info kalau link-link label di-restricted oleh robot. txt. Langkah me-nofollow-kan label berbentuk opsional, kamu dapat cobanya untuk ketahui dampaknya lebih jauh.

9. Link building yg efektif
Link building adalah point paling penting dalam SEO. Link building yaitu sistem membuat inbound link (link yang menghadap ke situs (blog)/situs), yakni memperoleh back link dari situs (blog)/situs beda. Melakukan link building dapat dengan adanya banyak cara, yakni : buat reciprocal link baik dengan direktori/social bookmark (yang mensyaratkan reciprocal link) maupun bertukar link dengan situs (blog)/situs beda, mendaftarkan situs (blog) dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di situs (blog)/situs beda dengan meninggalkan link di form komentator, langkah tersebut umum di kenal jadi blogwalking, walau lalu agak disalahartikan dengan meninggalkan komentar diisi, " blogwalking! ", atau, " singgah gan! ", dan sebagainya. Berkomentarlah sesuai content karena ini tunjukkan kwalitas dan Google juga melirik itu loh. Janganlah lupa, ada link dan anchor text diatas komentar itu, dan Google memerhatikannya ketika crawling.

Untuk melakukan link building dengan efisien dengan maksud memperoleh back link berkwalitas &meningkatkan pagerank, berkomentarlah di beberapa blog dofollow ber-pagerank tinggi, daftarkan situs (blog) dan artikel di website direktori dan social bookmark dofollow, daftarkan juga situs (blog) di direktori situs (blog) berkwalitas. Memperbanyak back link yg menghadap ke situs (blog)/situs, tetapi kerjakan dengan natural, yakni tidak dengan serampangan, terlalu banyak back link yg di buat dalam sehari dapat juga dipandang 'tidak wajar' oleh Google. Saya umum membatasi 5-10 kali link building sehari-harinya.

Link building dapat tingkatkan visibility atau kenampakan situs (blog)/situs di mata search engine dan tingkatkan traffic yg berkwalitas. Makin banyak tarffic makin tinggi nilai kebutuhannya untuk search engine hingga dia teratur melakukan crawling. Link building juga menaikkan kredibilitas dan popularitas suatu situs (blog)/situs.

Tersebut beberapa basic optimalisasi SEO Blogger/Blogspot yg jadi pengalaman saya. Masih tetap terdapat beberapa cara yg dapat ditempuh untuk tingkatkan SEO situs (blog) tetapi seumpamanya beberapa langkah diatas dapat jadi basic untuk menguatkan SEO situs (blog), sebelumnya melakukan langkah tingkatkan SEO setelah itu. Fondasi yang kuat adalah tolok ukur dan cikal akan bangunan yang kuat bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Keberlanjutan Lingkungan

Rekomendasi Safety Shoes Untuk Melindungi Keselamatan Kerja